Assalamualaikum......welcome to winwin blog...!! Belajar ikhlas memang sulit tapi dibalik kesulitan pasti ada kemudahan sebab Allah tidak akan memberi cobaan melebihi batas kemampuan hambaNya

Jumat, 08 Agustus 2008

-= Kelas reguler mandiri=-




Hasil penerimaan SNMPTN 2008 telah diumumkan. Ribuan pendaftar telah mengetahui apakah mereka diterima atau tidak pada SNMPTN ini. Bagi yang lolos tentulah senang hatinya dan segera melakukan daftar ulang. sedangkan bagi yang tidak lolos ada yang merasa sedih ada juga yang hanya biasa-biasa saja dan mencoba mendaftar melalui jalur lain.

Masih ada UM kata mereka. Apa sih UM itu?
UM (ujian masuk)adalah jalur untuk bisa masuk perguruan tinggi negeri tetapi dengan biaya yang lebih mahal disebut dengan kelas reguler mandiri. Baru tahun ini ada yang namanya kelas reguler mandiri, sampai tahun 2007 lalu hanya ada reguler dan ekstensi.
Sedangkan mulai Tahun ajaran 2008/2009 dibuka kelas reguler mandiri, jadi ada 3 kelas yaitu kelas reguler, reguler mandiri dan ekstensi( semuanya bagi S1).
sejauh ini yang saya ketahui kelas reguler mandiri perkuliahanya sama dengan reguler, yaitu masuk pagi hari beban sks bisa mencapai 24 sks per semester. menurut saya hal ini tidak menjadi persoalan.

Yang menjadi persoalan adalah penerimaan kelas reguler mandiri (S1) itu memakan biaya yang sangat mahal dan masing-masing fakultas berbeda. Kisaran jumlahnya minimal 5 sampai 10 juta. Bagi kalangan atas, uang 10 juta bukanlah masalah, tetapi bagi orang yang kelas menengah yang ingin kuliah dikelas reguler mandiri tentu sangat mahal.

Selain itu pembukaan kelas reguler mandiri dapat disalah artikan menjadi money politik. yang punya uang yang berkuasa, yang punya uang yang boleh masuk.
Kalau demikian untuk apa sekolah di SMA favorit ataupun SMA unggulan? Kalau bersekolah di sekolah tidak favorit saja bisa masuk perguruan tinggi negeri dengan gampang asalkan punya uang puluhan bahkan ratusan juta. wah kalau begitu bagi lulusan yang punya banyak uang tidak perlu capek-capek daftar SNMPTN, cukup daftar Kelas reguler mandiri dan keluarkan biaya ekstra bisa kuliah diPTN. ckckckck Mau pintar kok mahalll

1 komentar:

Rudra mengatakan...

Yah, itu sebuah pilihan. Toh nantinya yang akan membuktikan apakah mereka meraih gelar sarjana itu mereka sendiri.