Assalamualaikum......welcome to winwin blog...!! Belajar ikhlas memang sulit tapi dibalik kesulitan pasti ada kemudahan sebab Allah tidak akan memberi cobaan melebihi batas kemampuan hambaNya

Jumat, 19 Desember 2008

Banjir di ibukota Propinsiku

Selama 20 tahun lebih aku tinggal dilampung, belum pernah aku dengar terjadi banjir.
tapi pagi ini ketika aku datang kekampus, santer terdengar kabar bahwa telah terjadi banjir dipusat kota bandar lampung.
karena tak percaya, akhirnya akses ke situs http://lampungpost.com
dan ternyata benar diheadline situs salah satu koran terbesar di lampung itu, menampilkan foto-foto rumah yang terendam, orang-orang yang terjebak macet akibat banjir dan juga situasi dirumah sakit umum daerah abdul moeloek (RSUAM).
banyak pasien rumah sakit tersebut terpaksa diungsikan agar tidak terkena banjir.

Hujan lebat selama hampir dua jam menimbulkan banjir bandang di Bandar Lampung, Kamis (18-12). Permukiman warga di Jalan Teuku Umar, depan RSUAM, terendam banjir hingga setinggi atap, Jalan Kartini berubah menjadi "sungai", Tim SAR mengevakuasi warga korban banjir di Pasir Gintung( lampungpost)

peristiwa yang cukup mengejutkan sepanjang sejarah kota bandar lampung.
semua ini juga akibat kelalaian manusia. penduduk yang makin padat hingga tak ada ruang lagi bagi air hujan untuk meresap.
sungai-sungai yang ada sudah tidak mampu lagi menampung air, sebab banyak yang telah terjadi pendangkalan bahkan ada juga yang dijadikan tempat buang sampah.
masyarakat dan pemerintah daerah tidak boleh tinggal diam atas bencana alam ini, harus di fikirkan cara agar kelak tidak terjadi lagi peristiwa banjir seperti ini.
perlu adanya perencanaan tata ruang kota yang lebih matang oleh pemerintah daerah terutama dinas tata kota.

1 komentar:

tahala mengatakan...

win, apa solusi anda dengan terjadinya banjir ini, apakah kinerja walikota/pemda sudah baik, apakah anggota dewan juga tidak jadi broker tanah lagi, ok