Assalamualaikum......welcome to winwin blog...!! Belajar ikhlas memang sulit tapi dibalik kesulitan pasti ada kemudahan sebab Allah tidak akan memberi cobaan melebihi batas kemampuan hambaNya

Jumat, 08 Agustus 2008

Baju untuk koruptor



Sudah tau kah kalau KPK berencana membuatkan baju khusus untuk koruptor? Waw koruptor saja dibuatkan baju khusus, mengapa tidak berfikir untuk menyiapkan baju baru untuk lebaran orang-orang kurang mampu ya? berikut kutipan berita dari Lampung post

"KPK Siapkan Seragam Khusus untuk Koruptor"
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang membahas pemakaian seragam khusus atau baju bagi pihak yang terjerat kasus korupsi. Pemakaian seragam ini untuk menimbulkan efek jera sehingga upaya pemberantasan korupsi bisa maksimal.

Menurut Wakil Ketua KPK M. Jasin gagasan itu sudah dibahas dalam beberapa rapat yang diikuti pimpinan KPK. "Tidak ada yang keberatan," kata Jasin di Jakarta, Kamis (7-8).

Rencananya gagasan pakaian khusus perkara korupsi itu dibahas lebih intens dalam rapat pimpinan KPK selanjutnya. "Agar koruptor jangan makin perlente saja. Padahal sudah korupsi. Sudah koruptor tapi kok masih tampil di televisi," tambah Jasin.

Dia belum bisa memastikan apakah pakaian itu hanya akan dikenakan kepada terdakwa kasus korupsi atau juga mereka yang masih berstatus sebagai tersangka. Jika tercapai kesepakatan tentang pakaian khusus koruptor, rencananya pimpinan KPK menuangkannya dalam surat keputusan.

Selama ini, para tersangka kasus korupsi atau suap hampir selalu tampil modis. Contohnya terpidana kasus suap Jaksa Urip, Arthalita Suryani yang selalu terlihat eye catching. Selain itu, perempuan yang akrab disapa Ayin itu selalu full make up dengan tatanan rambut yang rapi.

Disambut Baik

Ketua Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia (MAPPI) Hasril Hermanto menyambut baik rencana KPK membuat baju khusus untuk koruptor. Baju khusus untuk koruptor diharapkan dapat menjadi shock therapy dan dapat menimbulkan superioritas bagi penyidik KPK saat berhadapan dengan sang koruptor.

"Paling tidak, ada superioritas dari penyidik saat berhadapan dengan tersangka. Ketika KPK yang memeriksa berpenampilan biasa dan yang diperiksa berpenampilan modis kan ada perasaan gimana gitu," kata Hermanto, Kamis (7-8). Menurut dia, baju khusus untuk koruptor juga dapat digunakan untuk membedakan dengan tahanan titipan lain.

"Misalnya baju itu ditulisi 'tersangka korupsi tahanan KPK' ini bisa untuk membedakan tersangka lain yang ditahan dan dititipkan di kepolisian," ujarnya. Namun, menurut Hasril, baju khusus koruptor sebaiknya tidak dipakai dalam persidangan.

"Sidang kan untuk mencari kebenaran. Kalau terdakwa korupsi mengenakan baju koruptor itu berarti kita tidak menghargai asas praduga tidak bersalah dan bisa digugat. Sebab, orang yang jelas belum bersalah kok kenapa harus memakai baju khusus koruptor. Jadi sebaiknya setelah ada putusan," papar dia.

3 komentar:

soemandjaja mengatakan...

mau pesen gak? atau jadi modelnya mau gak?, hehehe...

winwin mengatakan...

Gak deh bang simon, mit amit jangan sampe jadi koruptor, takut ama neraka

BambangOke mengatakan...

Kalo mau mesen ada tuh
cek aja di sini design bajunya
http://menteridesainindonesia.blogspot.com/2008/08/baju-khusus-kpk-untuk-koruptor.html
heheh